Manfaat Si Cantik “Seruni”

 

Manfaat teh krisan bagi kesehatan diketahui pertama kali oleh orang Cina. Teh krisan dibuat dengan menyeduh daun segar atau bunga seruni (chrysanthemum), yang banyak ditemukan di dataran Cina. Bunga krisan sebenarnya adalah tanaman hias, yang juga disebut bunga emas. Krisan memiliki beberapa variasi warna seperti kuning, ungu dan pink. Bunga seruni masih satu kerabat dengan bunga daisy dan aster, yang tergolong ke dalam famili Asteraceae.
Ciri-ciri teh krisan Bunga krisan yang telah diseduh bersama air hangat akan nampak transparan dan berwarna kuning pucat. Teh krisan memiliki aroma wangi dan segar dengan rasa yang manis. Teh herbal ini banyak tersedia di restoran. Namun, anda juga dapat menjumpainya dalam kemasan kaleng atau kotak. Teh krisan juga dapat dibuat dengan menyeduh bunga seruni yang dikeringkan.
Fakta Gizi dalam Teh Krisan Bunga seruni atau krisan kaya akan ß-karoten yang juga banyak ditemukan pada buah-buahan dengan warna oranye dan kuning. Bunga krisan juga dilengkapi dengan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Teh krisan juga mengandung vitamin B seperti folacin yang berguna untuk stimulasi regenerasi sel, kolin yang berperan dalam metabolisme lemak, riboflavin yang menekan pertumbuhan jaringan abnormal, dan niacin yang dibutuhkan oleh saluran cerna dan sistem saraf. Teh krisan juga kaya akan vitamin C yang tidak diragukan manfaatnya bagi kesehatan, dengan sifat antioksidan. Teh krisan juga sarat dengan mineral penting seperti kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium. Teh ini juga diperkaya dengan sejumlah senyawa penting seperti adenin, glikosida, dan berbagai jenis asam amino.

15 Manfaat Teh Krisan untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat pada teh bunga krisan ini mampu berperan menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terhadap penyakit. Peran vitamin C juga berfungsi meredakan gejala flu dan mengurangi nyeri pada sinusitis.

  1. Mengatasi Berbagai Penyakit

Menurut beberapa penelitian, teh bunga krisan mampu membantu mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri seperti:

  • dermatomikosis, yaitu suatu penyakit kulit yang disebabkan infeksi dermatofit atau cendawan (jamur) yang sifatnya menular.
  • streptococcus haemolyticus B, yaitu bakteri yang menyebabkan berbagai infeksi pada tubuh khususnya sistem pencernaan dan vagina.
  • staphylococcus aureus, yaitu bakteri yang juga dapat menginfeksi dan menyebabkan berbagai penyakit pada jaringan tubuh manusia.
  • shigella dysenteriae, yaitu bakteri yang dapat menginfeksi usus besar dan menyebabkan penyakit disentri.
  • pseudomonas aeruginosa, yaitu bakteri utama yang sering menginfeksi dan tersebar luas di alam (hewan, tumbuhan, air, tanah, manusia). Bakteri ini dapat langsung menginfeksi tubuh disaat kekebalan tubuh sedang menurun.
    1. Menurunkan Suhu Tubuh

    Teh bunga krisan bersifat mendinginkan tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh berlebih seperti pada saat menderita demam atau saat terserang cuaca yang panas.

    1. Menjaga Kesehatan Kulit

    Hasil penelitian juga rupanya telah membuktikan kehebatan manfaat teh bunga krisan untuk menghilangkan dan menyembuhkan jerawat yang membandel sehingga kulit terlihat lebih cantik dan sehat.

    1. Mengatasi Aterosklerosis

    Aterisklerosis dikenal juga sebagai penyumbatan pada arteri. Aterisklerosisdisebabkan oleh pengendapan kolesterol dan zat lemak lainnya pada pembuluh darah. Teh bunga krisan diyakini mampu membantu dalam pengobatan penyakit aterosklerosis.

    1. Detoksifikasi Hati

    Teh bunga krisan juga sudah sering digunakan untuk mendetoksifikasi atau membersihkan racun di hati dan membantu fungsi hati agar dapat bekerja dengan baik.

    1. Menurunkan Kolesterol

    Kadar kolesterol yantg tinggi tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama kerja jantung. Teh bunga krisan dapat digunakan sebagai salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah.

    1. Meningkatkan Fungsi Otak

    Manfaat lain teh bunga krisan adalah dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Kandungan teh herbal ini mampu berperan sebagai stimulan yang merangsang kerja otak serta panca indera sehingga pikiran menjadi lebih jernih dan waspada.

    1. Mengatasi Masalah Pernafasan

    Teh bunga krisan bekerja dengan sangat baik melindungi fungsi paru-paru dan membantu mengatasi berbagai masalah pada pernafasan.

    1. Melancarkan Aliran Darah

    Aliran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan tubuh, misalnya varises. Pada pengobatan herbal ala barat banyak yang menggunakan teh bunga krisan untuk membantu melancarkan aliran darah yang terganggu.

    1. Menyehatkan Mata

    Jika anda merasa beberapa gangguan pada mata seperti mata kemerahan, pengelihatan yang kabur, mata terasa kering dan gatal, anda dapat menggunakan teh bunga krisan untuk mengatasi masalah tersebut.

    1. Meredakan Batuk

    Teh bunga dan daun krisan sering digunakan sebagai ramuan herbal alami untuk membantu meredakan batuk yang diakibatkan oleh bronkhitis dan kongesti

    1. Tidak Memiliki Efek Samping

    Teh bunga krisan tidak mengandung kafein yang meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan namun juga memiliki beberapa efek samping seperti rasa gugup, cemas, dan lekas marah.

    1. Meringankan Sakit Kepala

    Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa teh bunga krisan mampu berperan sebagai herbal alami untuk membantu meringankan sakit kepala.

    1. Meringankan Sakit Gigi Ringan

    Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang mungkin terjadi karena beberapa faktor. Yang paling sering menjadi faktor adalah karena kekurangan vitamin dan lubang kecil pada gigi. Bakteri yang menggerogoti gigi dapat menyebabkan rasa sakit. Dengan meminum teh bunga krisan dapat membantu meringankan sakit gigi seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s